Istilah travel light atau bepergian dengan barang bawaan lebih sedikit tampaknya semakin diperlukan saat ini. Keputusan beberapa maskapai di Indonesia untuk menghapus kebijakan bagasi gratis, dapat diakali dengan membawa barang lebih sedikit.

Salah satu kuncinya ada pada pemilihan barang dan cara mengepak barang ke tas dengan ketentuan ukuran dimensi 40 cm x 30 cm x 20 cm dan dengan beban tidak melebihi 7 kilogram.

Bagasi Berbayar

Berikut adalah kiat mengepak barang bawaan Anda agar tidak perlu membeli bagasi tambahan:

1. Pilih Bahan Pakaian
Sebisa mungkin pilihlah bahan pakaian yang ringan dan tidak memakan banyak tempat ketika dipak. Hindari membawa pakaian atau celana dengan bahan jeans terlalu banyak.

Jika Anda bepergian ke destinasi yang sejuk, dapat diakali dengan membawa satu buah pakaian hangat berkualitas baik sisanya pakaian berbahan tipis.

2. Pakai Pakaian yang Berat
Pakailah bahan pakaian yang berat seperti jeans, sepatu boots, dan jaket Anda ketika menumpang pesawat. Taruh pakaian bahan ringan di tas jinjing Anda.

3. Pilih Warna Pakaian
Padu padan warna pakaian dapat mengurangi bobot tas Anda. Rencanakan padu padan sebelum mengepak tas. Jika bingung cara padu padan pakaian, bermainlah dengan warna aman seperti monokrom atau warna bumi.

4. Bawa Detergen Bubuk Sachet
Jika bepergian dalam waktu lama, pertimbangkan mencuci pakaian sendiri. Jika punya dana lebih, bisa menggunakan jasa binatu yang dihitung per kilogram.

5. Bawa Kosmetik dan Perlengkapan Mandi Ukuran Kecil
Banyak dijual untuk ukuran sampel atau ukuran khusus travelling. Sangat membantu dan dapat diisi ulang khusus ukuran traveling.